SAKSI SMP Labschool Jakarta 2016

Kegiatan SAKSI adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta. Saksi ini adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia.Kegiatan SAKSI ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu 5-7 Februari. Tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya di Sangga Buana, Karawang dan tahun ini di Dodiklatpur, Gunung Bunder. Tahun ini, tempatnya di gunung yang suhunya agak dingin jadi desain kaos kami menjadi lengan panjang. Tiga hari sebelum saksi, kami melakukan kegiatan pra-saksi dimana kami melakukan lari pagi, pembelajaran PBB, mengecat tongkat, membuat vandel,dll.
A. HARI PERTAMA
               Kami diminta berkumpul di Hallma pukul 06.00 dan paling telat 06.30. Kami berbaris sesuai kelompok lalu kami melaksanakan apel keberangkatan yang berisi amanat dari paru guru. Setelah selesai, kamipun membawa barang bawaan kami lalu baris sesuai kelas dan pamit kepada para orang tua. Kami akhirnya berjalan ke Lapangan SMA dimana tronton yang akan membawa kami ke Dodiklatpur, Gunung Bunder. Ada 15 truk tronton membawa semua peserta saksi 2016 dan pengurus OSIS SMP Labschool Jakarta.Di tronton, kami bercanda dan tertawa dan pada akhirnya sebagianpun tertidur. Saat hampir sampai, tronton kami mogok jadi kami harus berjalan kaki. Tetapi, ternyata ada tronton 7F laki-laki jadi kami menumpang sebentar. Setelah sampai, kami langsung berbaris acak. Ternyata, barisan itulah yang menjadi pleton dan kompi kami. Disana ada 2 kompi yang didalamnya masing-masing ada 4 pleton. Setelah selesai dibagi, kami langsung menuju ke barak. Disana terdapat empat barak yaitu dua barak putri dan dua barak putra. Di barak, kami membereskan barang-barang kami dan bersiap-siap untuk makan komando. Tetapi karena di luar barak hujan, akhirnya kami makan komando di barak dan sholat juga. Lalu, kami ke aula untuk pengenalan hewan melata alias ular oleh SIOUX. Disini, kami diberi tahu apa saja macam ular, level bisa ular, ciri-ciri bisanya, dll. Ada juga sesi pertanyaan dan satu orang yang maju untuk digigit oleh ular yang tidak ada bisanya. Selesai materi, kami langsung menyaksikan parade busana. Ada delapan belas orang sebagai perwakilan dari masing-masing kelompok. Sebelum parade karena masih bersiap-siap, kamipun melihat fashion show dari kakak osis. Ada juga yang bernyanyi dan juga beatbox-ing. Lalu, kami melihat parade busana dengan kostum yang sangat menarik. Selesai parade, kami ke barak untuk mengganti baju lalu untuk makan komando. Kembali ke barak, kami solat dan bersiap-siap untuk tidur per kelompok.

B. HARI KEDUA
               Kami dibangunkan oleh kakak osis di pukul 04.00 pagi untuk melaksanakan solat subuh. Bagi yang tidak solat, menungu di barak belakang. Setelah selesai solat, perwakilan dari kelompok yang ditunjuk memulai kultum secara bergantian. Kami langsung ke luar barak untuk melaksanakan senam pagi yang dipimpin oleh seorang TNI. Selesai, kami mandi, bersiap-siap dan makan komando. Tetapi, kali ini ada yang beda dengan makan komando. Jika sebelumnya makan komando menyuapi diri sendiri, disini kami harus menyuapi teman di hadapan kami yang mayoritas laki-laki. Gelak tawapun menghampiri kami saat menyuapi teman kami sendiri. Sarapan pun selai dan dilanjutkan oleh outbond. Sebelum memuali outbond, pastilah ada apel. Di apel ini karena kami telalu letih untuk menjawab salam dari TNI, kami disuruh untuk merayap, merangkak dan berguling di tanah. Selesai apel, kami langsung pergi ke tempat outbond yang sudah di atur oleh TNI dengan kelompok masing-masing. Ada turun tebing, flying fox, lempar kapak dan pisau, dll. Outbond pun selesai, kami langsung kembali ke lapangan yang biasanya untuk apel dan berbaris sesuai kelompok. Ternyata, kami akan merayap bersama kelompok kami, berlomba-lomba dengan kelompok lain dan jika menang akan memimpin satu angkatan untuk membaca ikrar saksi. Setelah merayap, kami disuruh untuk berbaris berkelompok lagi dan tengkurap di tanah untuk renungan. Sebagian besar menangis karena renungan dan akhirnya penyematan tanda lulus saksi. Akhirnya yang ditunggu-tunggu peserta SAKSI maupun OSIS yaitu hicking ke Curug Pangeran. Untuk sampai kesana, kami harus berjalan kaki jauh dan aspal yang licin karena sedang hujan tetapi semua terbayarkan saat sudah sampai. Air terjun yang indah akan menyambut kita saat baru sampai. Disana banyak yang bermain air, mandi, berenang,dll. Bagian ini termasuk bagian favorit saya saat SAKSI walaupun saya tidak ikut bermain air dengan teman-teman karena kondisi yang tidak memungkinkan. Setidaknya disana saya bisa melepas keluh kesah dengan menikmati udara dan pemandangannya. Selesai bersenang-senang, kami harus kembali ke barak. Walaupun sebenarnya tidak mau pergi dari sana, mau tidak mau harus kembali ke barak karena belum melaksanakan kewajiban kami yaitu solat. Selesai solat, kami makan komando lagi dan bersiap-siap untuk pensi. Untuk pensi, sudah dikoordinasikan dari awal pra-saksi. Tempat pensi sama seperti tempat berlangsungnya parade busana yaitu aula. Pensi dimulai setelah solat dengan MC dari peserta SAKSI. DImulai dari kelompok 1 putra dan diakhiri oleh kelompok 9 putra juga. Bermacam-macam penampilan yang disunguhkan oleh setiap kelompok dan tentunya membuat kami gembira. Acara yang dimuali dari pukul 19.30 sampai pukul 22.00 inipun berakhir dan kami akhirnya tidur dengan perasaan senang.
C. HARI KETIGA
               Sama seperti kemarin, kami dibangunkan untuk solat dan berkemas. Karena saya sudah selesai berkemas, saya berinisiatif untuk menyapu dan membereskan barak dilanjutkan oleh sarapan . Sebelum sarapan, sebenarnya kami bisa saja untuk mandi tetapi, saya tidak mau karena akan memakan waktu yang lama. Kali ini adalah sarapan terakhir saat SAKSI dimana kami harus lebih serius karena tidak mau meninggalkan kesan buruk. Diawali dengan suap-suapan dengan teman sehadap tetapi, hanya tiga suap dan dilanjutkan dengan makan sendiri. Sarapan selesai, kami kembali ke barak untuk mengambil tas dan berbaris sesuai kelompok menuju aula untuk apel terakhir. Selesai apel, diumumkan peserta terbaik, kultum terbaik, peraga busana terbaik, vandel terbaik dan tongkat terbaik. Lalu, kami berfoto sesuai kelas dan menuju tronton. Tronton kami berbeda dengan saat berangkat tetapi tidak merubah sifat kami saat di perjalanan.Tetap tertawa dan gembira saat selalu rutinitas bagi kelas kami di perjalanan. Banyak sekali hambatan saat di jalan contohnya macet, bus mogok ,dll. Di perjalanan kami juga makan siang dan memakan snack yang kami bawa dari rumah. Sebagian besar dari kami tertidur karena capai. Jam 14.00  kami baru sampai SMP Labschool Jakrta padahal di jadwal keterangan sampainya jam 11.00. Keterlambatan ini disebabkan oleh perjalanan dan terlambat masuk tronton. Pamit ke guru dan kami pulang ke rumah masing-masing.


Share:

0 komentar

Animated Rainbow Nyan Cat