Perasaan PTS


PTS itu dilaksanakan saat 3-7 Oktober 2016, dimulai dari hari Senin dan diakhiri oleh hari Jum’at. Hari pertama itu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Agama Islam. Karena PTS akan dilaksanakan di hari Senin, jadi aku belajar dari hari Sabtu. Saat hari Sabtu, aku full belajar Ilmu Pengetahuan Sosial atau biasanya disingkat IPS. Aku merangkum sambil mencatat catatan yang ketinggalan karena aku memang sempat ketinggalan saat aku Homestay di Australia. Di sela-sela belajar, aku biasanya main HP. Tapi, ada waktunya kayak pas 2 jam belajar main hpnya 15 menit aja. Nah pas hari Minggu, aku belajar untuk mapel hari Senin yaitu Bahasa Indonesia dan AIS. Aku mulai belajar jam 7 sampai jam 9 malam. Karne bosan, aku pun membuat rangkuman Bahasa Inggris untuk PTS nanti.

Hari Senin, 3 Oktober 2016
Hari itu dimulai dengan bangun jam setengah enam. Biasanya, aku bangun jam 5 kurang tetapi, aku capek belajar kemarin. Karena terlalu santai, aku hampir telat apel (semacamnya). Setelah diberi nasihat dan berdoa, kami pun masuk ke ruang dimana PTS akan dilangsungkan. Mata pelajaran pertama adalah Bahasa Indonesia. Aku mengerjakan ini sangat (sepertinya) teliti karena kunci Bahasa Indonesia adalah ketelitian. Dua jam berlangsung. Karena aku sudah selesai duluan, aku keluar 15 menit duluan dan berempat kami menuju masjid. Di masjid, kami sholat dhuha dan berdoa. Setelah sholat, kami belajar sampai bel bordering. Setelah empat puluh lima menit, kami akembali ke ruang PTS untuk mengerjakan Agama Islam. Karena kurangnya persiapan, aku agak bingung dengan soal-soalnya. Tetapi, aku pun mencoba memikir terus menerus samapi jawaban yang menurutku masuk akal ketemu. Aku baru mengumpulkan 10 menit sebelum bel pulang. Setelah pulang sekolah, aku tidur siang dan belajar untuk mapel esok hari.

                Hari Selasa, 4 Oktober
Hari Selasa bukan hari yang sangat aku tunggu. Karena mata pelajarannya adalah Matematika dan Prakarya. Karena pengalaman kemarin, aku berangkat seperti biasanya aku berangkat sekolah. Saat tiba, ternyata apel belum mulai jadi aku menyempatkan diri untuk belajar bersama teman-teman kelas tujuhku. Apel berlangsung dan kami diminta untuk memasuki ruangan PTS. Matetmatika adalah ujian pertama. Walaupun bisa dikategorikan pelajaran yang agak susah, Alhamdulillah aku bisa mengerjakannya. Kami pun istirahat dan sholat. Bel berdering dan kami langsung menuju kelasm untuk melaksanakan ujian bermata pelajaran prakarya. Prakarya ternyata tidak segampang yang aku kira. Tetapi, aku hanya bisa tawakal.

                Hari Rabu, 5 Oktober
PPKN is love. Susah sih pelajarannya karena belum terlalu banyak dipelajari (no offense ppl) tapi aku belajar sepenuh hatii. Waktu ngerjain tuh stressed karena ternyata ada bahan yang belum kupelajari. Karena hanya bisa pasrah, saat istrirahat aku sholat dhuha dengan khusyuk dan berdoa semoga nilaiku bagus. Pelajaran selanjutnya adalah Bahasa inggris. Karena menurutku Bahasa inggris itu (sangat) gampang, jadi aku agak menyepelekan. Turns out, Bahasa inggrisku (agak) jeblok. Soalnya itu susahhh banget, nget, nget. Aku frustasi ngerjainnya. Tapi, aku pulang dan tawakal.

                Hari Kamis, 6 Oktober
IPA itu the worst of the worst yang bisa aku pelajarin. Karena jujur aku itu ga terlalu suka hafalan dan lain-lainnya. Plus, aku juga ga suka ngitung walaupun aku lebih gasuka afalan. Sempet deg-degan si pas ngerjain dan firasat aku benar, soalnya susah BANGET. Tapi, seperti semua pelajarannya lainnya aku tawakal dengan usaha belajar dan berdoa. Seni budaya melengkapkan penderitaanku. Karena kurang mengerti, jadi agak error dech HAHA.

                Hari Jum’at, 7 Oktober
Liburan sudah di depan mata, sobat. Tetapi, ada satu rintangan tersulit yang pernah saya alami yaitu IPS. Nih ya, sedikit sharing aja. Aku itu belajar IPS sejak hari Sabtu kemarin dan belum masuk-masuk juga. Malam Jum’at, aku sampai lupa baca Yasin gara-gara belajar IPS. Belajar IPS itu gacukup 1-2 jam. Aku mulai belajar jam 19.00 sampai jam 01.00 dini hari. Dengan bodohnya, pas mau tidur aku haus. Lalu, aku minum saja yang tadi aku bikin dan lupa kalo dalemnya itu kopi. Siap. Aku gabisa tidur sampai jam 03.00 dan karena aku paksa akhirnya aku tidur, sampai jam 05.00. Dari jam segitu aku lanjut belajar. Dengan mukzizat Tuhan YME, aku (sedikit) fit saat mengerjakan. Ternyata, yang keluar hanya pengetahuan umum bukan yang spesifik seperti yang tadi malam aku pelajari. Worth it banget belajar sampe jam segitu karena ternyata nilai aku diatas 90. Selanjutnya, istirahat lalu sholat lalu belajar Penjasorkes. Salah satu pelajaran yang aku kurang ngerti kontennya. Soalnya amat tak dimengerti namu nilainya lumyana. Dan malam itu, aku akhirnya bisa tidur dengan sangatt nyenyak.

Trims sudah membaca curhatanku yang (tidak terlalu) berguna, guys.
Bye-bye.



Share:

2 komentar

Animated Rainbow Nyan Cat